Jumat, 11 Desember 2015

TEKNOLOGI : Sebuah Anugrah atau Kutukan?

oke sobat blogger semua, kali ini gue mau ngebahas tentang sesuatu yang bagi orang-orang zaman sekarang sudah dianggap "TUHAN" nomor 2 setelah tuhan yang wajib kita percaya. yah, tepat sekali TEKNOLOGI. menurut sobat apa sih teknologi itu?. coba deh kalian tanya sama orang-orang apa itu teknologi itu? pasti orang-orang tersebut akan menjawab tentang ilmu pengetahuan dan segala macam aplikasi yang ada di hp kalian-kalian semua mulai dari FB,TWITTER,LINE DLL.

#arti teknologi
sebelum lebih dalam ngebahas, mending kita kulik dulu tentang apa sih arti teknologi sendiri.

"Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia".
yap disini sangat jelas dinyatakan "menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan,dan kenyamanan hidup manusia". artinya teknologi tidak terbatas hanya benda nyata ,namun juga hal-hal yang telihat hanya di dunia maya pun adalah teknologi.

mengutip dari wikipedia.com gw menemukan sedikit fakta asal muasal kata teknologi.
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode, dan seni. Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).

sobat blogger sudah tahu kan apa itu teknologi, jadi jika sobat blogger di tanya apa itu teknologi? jawablah,sebuah pelajaran yang ngebahas tumbuhan dan segala macam makhluk hidup. ehh,eh salah itu biologi hahaha.



 #.Teknologi si pembawa angin segar untuk masyarakat dunia


ya,teknologi seolah menjadi angin segar saat ini, bukan hanya untuk ilmu pengetahuan, melainkan juga bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi orang-orang yang peka terhadap peluang.  

kita dapat melihat perbandingan perkembangan teknologi  dunia pada gambar di bawah ini :


 source:https://id.techinasia.com/talk/statistik-pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru-2015/


lihatlah, bagaimana teknologi saat ini hampir "menguasai" dunia. perbandingannya sangat mencolok, populasi manusia hanya sekitar 2,5% bandingkan dengan internet,handphone dan sosial-sosial media lainnya, penggunanya hampir mencapai 50% lebih,wow. bahkan bila kita berhiperbola sedikit ,bahwa anak bayi yang baru dilahirkan pun saat ini seakan-akan paham dengan yang namanya teknologi. bagaimana tidak, coba kita telaah sedikit, saat para ibu mengandung, jika si ibu ingin mengetahui jenis kelamin si bayi, si ibu bisa menanyakan ke dokter untuk mengetahui jenis kelamin si bayi, dan apa yang dilakukan dokter. yap dengan cara USG, nah USG itu kan sebuah alat yang mampu memenuhi keperluan si ibu,berarti USG itu teknologi?. ya,bahkan saat dalam kandungan pun bayi sudah mengenal yang namanya teknologi.

bergerak sedikit ke arah kepuasan teknologi, menurut survei yang pernah dilakukan di amerika serikat, menyebutkan bahwa 75,86%  pengguna internet adalah laki-laki dan 24,14% adalah perempuan. dan mengutip dari http://pustaka.litbang.pertanian.go.id/publikasi/pp141052.pdf menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang nyata antara jenis penggunaan internet dengan pemenuhan kepuasan akan pengetahuan,kegunaan dan kesenangan. jadi, teknologi dalam hal ini internet adalah barang yang sangat penting bagi dunia saat ini.why? think again.





#pandangan islam tentang teknologi

Dalam islam, sains dan teknologi sangat penting untuk membangun peradaban yang kuat dan tangguh. Sebagaimana halnya dahulu para khalifah mendorong kaum muslim untuk mencipatakan teknologi dan membuat karya ilmiah guna mengembangkan dan memanfaatkan SDA yang ada. Seperti kita ketahui para ilmuwan islam seperti al-Khawarizmi ahli matematika, Ibnu Firnas konseptor pesawat terbang, Jabir bin Haiyan bapak kimia, dan masih banyak lagi. Mereka semuanya mengerahkan segenap upaya dan berkarya untuk umat. Jadi, Islam tidak pernah melarang sains dan teknologi, tetapi justru Islam selalu terdepan dalam sains dan teknologi sejak 13 abad yang lalu.
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

“Kalian lebih tahu urusan dunia kalian”
 Hadits ini menunjukkan kebolehan mengenai  teknologi karena pada saat itu Rasulullah SAW ditanya oleh seseorang tentang pertanian, tapi Rasulullah tidak memberikan jawaban yang benar karena Rasulullah tidak ahli dalam pertanian.
Maka dari itu,  teknologi merupakan madaniyah ‘am yaitu benda yang tidak ada sangkut pautnya dengan hadlarah. Sebagaimana Imam Taqiyuddin an-Nabhani dalam kitabnya Nizhamul Islammenyebutkan bahwa “Sedangkan bentuk-bentuk madaniyah yang menjadi produk kemajuan sains dan perkembangan teknologi/industri tergolong madaniyah yang bersifat umum, milik seluruh umat manusia”Madaniyah itu sendiri merupakan merupakan bentu-bentuk fisik berupa benda-benda yang terindera dan digunakan dalam kehidupan yang meliputi seluruh aktivitas kehidupan.
Maka dengan hal ini jelaslah sudah bahwa produk dari teknologi dalam pandangan Islam boleh/mubah. Tetapi ingat bahwasannya ada juga madaniyah yang bersifat khas seperti patung, salib, bintang david, dll itu merupakan karya/hasil dari hadlarah selain Islam, maka menggunakannya adalah suatu kemaksiatan dan hukumnya haram.



#DARK SIDE OF TECHNOLOGY

"sisi gelap dari Teknologi". ya, dimana ada cahaya disitu ada kegelapan ,hehehe, sorry sok-sok an inggris,dan kalian pecinta naruto tahu kan Quote itu.

ya layaknya kehidupan yang memiliki 2 sisi, yaitu baik dan buruk serta hitam dan putih. teknologi pun sama halnya, memiliki 2 sisi baik dan buruk.
  
mengutip kata-kata yang pernah diungkapkan sang master sains. Albert einstein tentang teknologi,beliau mengatakan seperti ini:

"i fear the day that Technology
will surpass our human interaction,
The World will have a generations of Idiots"

artinya, kurang lebih seperti ini "saya takut akan datangnya hari dimana Teknologi akan melampaui interaksi manusia, dan dunia akan memiliki generasi-generasi yang idiot". 

lihatlah, bahkan orang sekelas einstein takut akan hal ini.sedangkan kita, apa yang kita lakukan terhadap teknologi, apakah hanya menikmatinya terus-menerus dan menjadi orang idiot yang dikendalikan teknologi atau sebaliknya memanfaatkan teknologi tersebut untuk kebaikan masyarakat umum.  
THINK AGAIN!!!!



Nih bro fakta teknologi di masyarakat sekarang:

1.  Teknologi Membuat Kita Menjadi Makhluk Yang Autis
 Apa yang dulu kita lakukan saat  berkumpul bersama teman-teman? Yang pasti, bercanda dan tertawa bersama. Kita akan menghabiskan waktu sore hari untuk berkumpul di lapangan sepak bola, menghasilkan goal demi goal dengan gawang yang ditandai dengan sepatu atau sendal. Tidak ada wasit yang mengatur pertandingan. Kita baru boleh berhenti saat adzan maghrib telah berkumandang. Wow, indahnya masa-masa itu..

 Apa yang dilakukan oleh generasi masa kini saat berkumpul? Kebanyakan dari mereka hanya terpaku pada layar handphone mereka masing-masing. Ada yang liat timeline, update status, maen Clash Of Clans, Argggh.Coba deh, kalian ngumpul tapi ga bawa handphone. Pasti cuma bisa diem melongo, yekan.

Inilah dampak negatif teknologi yang pertama. Mampu mendekatkan yang jauh, tapi juga mampu menjauhkan yang dekat dengan seketika



2. Teknologi Membuat Kita Menjadi Lupa Waktu.

Zaman sekarang, hampir semua games itu menyajikan grafis mantap serta detail yang menawan. Karakter yang muncul di games bisa dikatakan sudah 75% mirip seperti detail aslinya. Namun yang jadi masalah disini, dengan menjamurnya berbagai platform dan genre games, tentunya ada dampak negatif yang kita tanggung. Yaitu : lupa waktu.

Dengan sistem game online yang tidak bisa di-pause dan meninggalkan permainan sama dengan kalah, tentunya ga aneh kalo sebagian besar orang bisa total lupa banget ama waktu kalo udah di depan komputer. Kalo kalah, bawaannya penasaran pengen nyoba lagi. Tapi begitu menang, kita pasti nambah penasaran lagi, mau nyobain level yang lebih gede. Akhirnya lupa makan, lupa mandi, lupa segala-galanya. 



3. Teknologi Membuat Kita Banyak Bicara, Sedikit Aksi



Pernah ga kalian buka facebook, lalu membaca sebuah status bergambar anak kecil atau orang tua yang begitu miris. Lalu begitu heroiknya yang bikin status ini menulis, "1000 like= 1000 doa". Ini logikanya dimana coba?

Emangnya dengan nge-klik tombol like ini, lantas bakal ada duit gepokan jatuh dari langit tepat di hadapan mereka? ngga kan. Kalo emang mau ngasih bantuan mbok ya kasih aja informasinya, lalu alamatnya. Gue yakin ko, orang Indonesia itu bae-bae. Pasti langsung ada yang datang memberi bantuan ke si anak atau ibu itu.

Nah ini juga nih dampak negatif teknologi zaman sekarang. Kalau terjadi sesuatu, yang diutamakan itu adalah dokumentasi, lalu sebarkan. Padahal kalo kita pake logika yang bener, dimana-mana kalo ada orang yang kesusahan ya ditolong lah. Bukan di foto terus dijadiin status.

Mangkanya ga salah kalau ane bilang, generasi zaman sekarang itu talk more, do less..
4.Teknologi Memperpendek Umur Kita

Tahukah kalian, konsumsi mie yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker?

Kenapa? Karena mie instan mengandung Monosodium Glutamate atau MSG. Ni asal kalian tau ya. Mengkonsumsi MSG sebanyak 12 gram per hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur dan mual-mual. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. bukan hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan. serem kan, hii..

Nah, inilah salah satu efek dari perkembangan teknologi di bidang makanan. Semuanya memang menjadi serba cepat, instan serta tahan lama. Akan tetapi, dibalik itu semua ternyata ada berbagai zat kimia yang mengancam kesehatan kita setiap hari. Mangkanya, orang generasi sekarang umurnya ga sepanjang orang dulu. yaa.. gaya hidup juga lah yang menentukan.


  sebagai komparasi dari sisi buruk teknologi. teknologi pun tidak melulu hanya hal-hal yang negatif. hal yang paling mendasar saat ini, yaitu, jika kalian para pelajar disuruh untuk mencari tugas oleh guru kalian, hal pertama yang terbersit dalam pikiran kalian pasti GOOGLE. mesin pencari ini seolah menjadi "DEWA" bagi pelajar zaman sekarang. dan apakah google berbuat jahat dengan mencarikan apa yang orang butuhkan?. bukankah itu perbuatan yang baik.

dan faktanya teknologi saat ini memang menjadi penopang masyarakat dunia. jika diibaratkan hidup tanpa teknologi,bagai sayur tanpa garam. ahayyyyy.

fakta dilapangan menyebutkan teknologi berperan penting dalam hal:

1.POLITIK    

Timbulnya kelas menengah baruPertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.

 

Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.


2.INFORMASI DAN KOMUNIKASI
 Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet

 Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone. BENER KAN.


3. PENDIDIKAN
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.


4.SOSIAL DAN BUDAYA 

Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

SOURCE:https://dythadantika.wordpress.com/dampak-positif-kemajuan-teknologi-informasi/


wah, akhirnya sampai juga di penghujung artikel, sobat blogger semua. menurut pendapat pribadi gw tentang Teknologi, gak ada yang salah dengan teknologi jika kita sanggup memfilter teknologi tersebut. yang salah adalah jika kita lupa daratan saat mengunakan teknologi. dan jika itu terjadi tunggulah bumerang yang akan menusuk ke arah anda. sorry, agak panjang sobat.gw buat ini artikel, sekedar menambah ilmu kok gak lebih.

jadi apa pendapat anda tentang teknologi ?



"TEKNOLOGI: SEBUAH ANUGRAH ATAU KUTUKAN ?"




















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YANG MAU KOMEN,SILAHKAN DIISI SOBAT