Jumat, 09 Februari 2018

REVIEW BUKU : UBUR-UBUR LEMBUR YANG MEMBUAT HIDUP SEMAKIN NGELANTUR

UBUR-UBUR LEMBUR YANG MEMBUAT HIDUP SEMAKIN NGELANTUR


Buku ini gw lahap dalam waktu hanya 1 jam 30 menit plus sepersekian detik! DAMN !, betapa dahsyat buku satu ini yang membuat gw membuang waktu 1 jam setengah plus sepersekian detik buat baca buku. Terkejut kan! yah pastinya ga sih ya.

Fine,fine kali ini gw bakal nge-review buku again. Hmm, kalau ditilik kembali, review buku yang ada di blog ini baru satu sih. Oke berarti tambah ini jadi 2 haha. Perlu kalian ketahui bahwa buku yang gw review di blog ini adalah buku yang sangat spesial bagi….. Ya bagi gw sendiri aja sih, ga tau kalau bagi orang lain.

Oke, penasaran buku apa yang akan gw review? gambarnya sebenarnya sudah ada tuh. Yup,judul bukunya UBUR-UBUR LEMBUR karya Raditya Dika. Tentu kalian mengenal sosok Raditya Dika bukan? Ya dia seorang pemain action yang pernah bermain di film Fast and Furios gan. Bentar-bentar, itu bukannya Joe Taslim ya?…..

Maaf tadi keseleo jari, Raditya Dika adalah seorang penulis,artis ,youtuber serta seorang komika yang tentu semua anak muda di Indonesia tahu siapa orang ini. Ketika gw ga sengaja nge-cek instagram dan berakhir dengan ngepoin salah satu akun penerbit buku ternama, disitu gw ngeliat ada postingan tentang buku yang berjudul UBUR-UBUR LEMBUR. Hmm, buku apaan sih ini? itu kata hati gw ketika melihat postingan pre-order yang akan dilakukan pihak penerbit yang akan menerbitkan buku UBUR-UBUR LEMBUR

Setelah gw tertarik melihat postingan tersebut, hal yg gw lakukan selanjutnya adalah cek komenan posting tersebut, ya ini adalah hal yang selalu gw lakukan ketika gw mencari buku di Instagram, gw pasti nge cek komentar postingan tersebut. Kalau rame dan komentar positif, ada kemungkinan buku tersebut bakal gw beli. Namun jika banyak hujatan pada kolom komentar, gw lebih memilih ikut menghujat di kolom komentar, maaf-maaf maksudnya gw akan mengurungkan niat buat beli buku tersebut guys…..

Singkat cerita sangat banyak yang menantikan buku satu ini. Sebenarnya gw sudah tahu siapa Raditya Dika dan beberapa karya-karyanya. Mulai dari film serta buku-bukunya, dan yang mengangkat nama seorang Raditya Dika tentu dimulai dari buku-bukunya. Gw sudah tahu buku pertamanya yang berjudul kambing jantan lalu marmut merah jambu serta koala kumal. Namun entah kenapa pada saat itu gw sama sekali sangat tidak tertarik dengan buku-buku tersebut. Jujur gw bukan fans Raditya Dika, gw juga bukan penggemar film-filmya yang menurut desas-desus ketika kalian nonton film seorang Raditya Dika, ketika kalian baru saja menginjak karpet bioskop di pintu depan kalian sudah akan tertawa terbahak-bahak sampai urat nadi tegang dan badan kejang karena saking lucunya film yang dibuat seorang Raditya Dika. Dan sejauh ini gw belum pernah sama sekali menonton satu pun film karyanya. Namun ada yang berbeda ketika first impression gw saat melihat karya terbaru Raditya Dika yang berjudul UBUR-UBUR LEMBUR kali ini. Why?

Gw dituntun oleh….. yang namanya…… “PENASARAN”, udah gitu aja sih. Gw cuma Penasaran. Buku tersebut rilis dan akhirnya gw mendapatkan buku tersebut. Sebelumnya gw juga pernah membaca buku karya Raditya Dika yang berjudul Marmut Merah Jambu, saat itu teman gw menceritakan bahwa buku tersebut sangat kocak dan menarik. Lantas gw coba baca dan gw tidak tertarik sama sekali. Entah saat itu selera humor gw rendahan atau gw saat itu memandang hidup ini sangat serius, entahlah gw juga bingung……

Dituntun oleh rasa penasaran yang tinggi serta dengan bimbingan Netizen yang maha bijaksana, akhirnya buku UBUR-UBUR LEMBUR berada ditangan gw. Sebelum gw menceritakan buku tersebut, gw ingin bercerita sedikit bahwa gw bukan tipe pria yang hobi membaca buku, believe it. Gw justru seorang yang hobinya MAGER. Gw sering membeli buku dikarenakan gw harus nyari bahan buat tulisan gw di artikel yang gw setor ke orang lain, jadi setidaknya gw harus membaca , yah walaupun sedikit. Biasanya gw menghabiskan satu buku hingga selesai sampai akhir halaman dapat memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan ditambah tergantung setebal apa bukunya juga sih hehe. Buku tercepat sejauh ini yang gw tamatin adalah buku DARK MATTER yang bukunya juga sudah gw review di blog ini, dan rekor tersebut akan terpatahkan sampai tulisan ini di post. Jadi intinya gw bukan seorang pecandu buku yang dimana-mana pikirannya cuma mau baca buku. Mau tidur keinget buku, mau BAB keinget buku, mau kuliah Keinget buku , mau baca buku keinget buku terus bukunya berantem dan akhirnya disuruh milih lebih cinta mana , buku satu atau buku 2. Ngomong apaan sih gw -_-......

Gw cuma seorang penikmat buku yang lebih sering mencari niat untuk membaca ketimbang niat untuk mencari kecebong. Gw suka komik dan novel serta buku-buku biografi para tokoh. Dari buku-buku tersebut gw banyak mengambil informasi bukan hanya untuk sekedar membaca namun juga untuk kualitas artikel dan gaya penulisan gw hehe.

Oke, singkatnya gw baca deh buku yang berjudul UBUR-UBUR LEMBUR. Tampilan bukunya sangat menarik, dengan cover buku berwarna hitam serta ada gambar Raditya Dika dalam bentuk ubur-ubur, maksudnya berkostum ubur-ubur dalam bentuk kartun. So, untuk tampilan awal buku ini, sangat menarik. Ketika gw membuka halaman pertama gw langsung ngakak!, gw tidak bisa membendung ketawa gw sampai kaki gw berhenti digelitik. Jadi kaki gw tadi digelitik…..
Akan memakan banyak halaman kalau gw harus menjelaskan semua bab yang ada dibuku ini dan akan sangat melelahkan bagi gw untuk menulisnya. Ini aja gw ngisi blog ini karena ada waktu senggang, dan tentunya harus gw manfaatkan sebaik mungkin. Kalian harus tahu, satu bulan kedepan kehidupan normal gw akan kembali berjalan dan yang pasti akan menguras tenaga,waktu dan juga pikiran ditambah tentunya UANG.

UBUR-UBUR LEMBUR lebih mirip sebuah buku humor ketimbang sebuah novel, percayalah. Isinya adalah cerpen yang digabung menjadi sebuah buku. Diisi dengan 14 cerita yang seperti ditulis dibuku adalah cerita asli dari seorang Raditya Dika. Buku ini kalau gw jujur adalah buku pertama yang membuat diri gw terpingkal-pingkal saat membaca halaman demi halaman. Ya, ini buku yang luar biasa keren menurut gw. Ini adalah buku yang harus kalian baca ketika galau diputusin pacar, ketika nilai IP kalian menurun, ketika ada mata kuliah yang terkenal killer kalian tidak lulus dimata kuliah tersebut dan buku ini akan menjadi obat bagi sebagian kecil hal-hal tersebut. UBUR-UBUR LEMBUR ditulis dengan kalimat-kalimat yang tidak terlalu sastrawi. Tentu sangat berbeda dengan buku karya Boy Candra, Dee Lestari ataupun karya Andrea Hirata yang ketika gw baca bukunya gw harus sering-sering buka KBBI. Namun Raditya menulis buku ini dengan kalimat-kalimat yang katika kalian membacanya seolah kalian melihat Raditya Dika sedang Stand-up  comedy didepan kalian. Isinya pun sangatlah ringan, bercerita mulai dari masa-masa kecilnya yang lebih sering dihabiskan dengan bermain game dan juga yang menjadi ciri khas Raditya Dika yaitu soal kehidupan percintaanya yang terkenal miris dan ngenes. Kehidupan percintaannya  yang konyol dan unik seolah menjadi nilai lebih dalam setiap buku yang ia telurkan. UBUR-UBUR LEMBUR juga mengajarkan bahwa hidup ini tidak melulu serius, bahkan dari keseriusan hidup ini selalu ada sisi konyol didalamnya. Raditya Dika memaparkan hal tersebut dengan jenaka melalui kisah hidupnya sendiri yang mampu membuat gw ngakak bangke saat gw baca buku ini.

Cinta,komedi,dan juga pandangan mengenai kehidupan adalah kesimpulan yang dapat kita ambil dari buku ini. Oh iya, ada horrornya juga lhooo dibuku ini hehehee. Dan yang paling ngena ketika gw baca buku UBUR-UBUR LEMBUR adalah bagaimana seorang Raditya Dika mengungkap sisi lain dari keartisannya. Raditya Dika menceritakan suka duka menjadi seorang artis yang ternyata tidak selalu menyenangkan. Banyak hal-hal yang tentunya orang lain tidak tahu saat menjadi seorang publik figur dan itu tidaklah mudah, yang pasti kisah tersebut dibalut dengan unsur jenaka yang tidak henti-hentinya mengocok perut gw, perut gw ya, bukan yang lain….

Diakhir bab, kalian akan mendapatkan makna dari judul Buku ini. Apa itu UBUR-UBUR LEMBUR ? mau tahu artinya ? oke gw kasih tau…
Jadi UBUR-UBUR LEMBUR itu adalah……

Sebuah buku yang harus kalian baca saat ini juga dan bersiaplah untuk tertawa terbahak-bahak. Percayalah 231 halaman yang ada dibuku ini akan membuat hidup kalian akan terasa ringan, cuma untuk sementara sih…  dan juga pastikan diri kalian punya selera  humor walaupun secuil saat membaca buku ini..
  

SELAMAT MEMBACA :)………….



2 komentar:

  1. Bagus sekali resensi buku ubur-ubur lembur karya raditya dika ini, saya juga sangat suka tulisan dari raditya dika ini, sangat kocak, dan pastinya tidak akan membuat anda bosan saat membacanya. Silahkan yang ingin membaca Novel Ubur-ubur Lembur karya Raditya Dika. Download DISINI

    BalasHapus

YANG MAU KOMEN,SILAHKAN DIISI SOBAT