Rabu, 28 Juni 2017

SEBUAH REVIEW NOVEL "DARK MATTER"



 SEBUAH REVIEW NOVEL "DARK MATTER"




    Hai sobat blogger, kali ini gw mau ngebahas soal novel nih. Sebuah novel yang menurut gw sangat-sangatttt keren sobat. Jujur novel ini baru aja gw tamatin tadi malam. Dan gw bikin ni artikel pagi ini, so semua isi tulisan ini fresh from the oven. Novel apaan sih ? tenang ini baru pembukaan, karena gw ga mungkin nulis cuma satu paragraf wkwk.

    Jika kalian suka membaca novel tentunya referensi kalian soal novel pastilah lebih luas dari gw. Gw sebenarnya baru-baru aja menggeluti bacaan yang bertema novel. Sebelumnya gw adalah pembaca setia komik, lebih tepatnya komik One Piece dan Naruto. ya gw adalah pengoleksi setia kedua komik tersebut. Namun belakangan gw mulai tertarik dengan yang namanya novel, sebenarnya gw hanya ingin mencari referensi soal gaya menulis para penulis novel dan mencoba setidaknya mempelajarinya. Mulai dari gaya bahasa,plot dan penokohan. Jadi gw cuma mau tahu bagaimana sih isi novel itu bekerja dan menyihir pembacanya. Akhir-akhir ini gw mulai rajin mencari-cari beberapa novel baik itu didalam maupun luar negeri. Tetapi sejauh ini gw lebih banyak membeli novel-novel terjemahan. yah walaupun masih newbie wkwk. Untuk tema novel sendiri gw lebih mencari tema yang menurut gw menarik, entah itu petualangan ataupun itu bercerita tentang makna kehidupan. Kalau bicara tema romantis gw kurang tertarik, but gw punya satu buku karangan Francois Lelord yang menceritakan cinta.Mengapa gw tertarik? karena didalam cerita tersebut banyak melukiskan apa yang disebut makna kehidupan yang tentunya dibalut denga tema cinta.

     Dari beberapa novel yang berhasil gw kumpulkan dan baca, ada satu novel yang kalau boleh lebay gw nyebutnya mahakarya luar biasa. Lebay gak tuh wkwk, tetapi ini sesuai dengan apa yang telah gw baca sejauh ini. Oh iya judulnya gw lupa nyebutin, Judul Novel ini adalah "Dark Matter". Judulnya serem ga haha, ya ceritanya juga bakal semengerikan judulnya. Wkwkk ga kok, novel Dark Matter mengangkat tema sains fiksi,thriller,drama dan percintaan. Jujur ketika gw membaca sinopsis di belakang buku ini, entah kenapa gw langsung tertarik dengan buku ini.

     Novel ini mempunyai seorang karakter utama yang bernama Jason Dessen, seorang dosen fisika yang mempunyai keluarga kecil yang bahagia.Istrinya bernama Daniela Vargas dan seorang anak laki-laki bernama Charlie. Karakter tambahan seperti Ryan Holder teman dari Jason yang mendapat bagian yang sedikit dalam cerita ini. Serta Amanda Seorang Psikiater yang tentunya bakal mendapat peran yang cukup banyak diakhir cerita. Ketika gw membaca halaman demi halaman, gw merasa gw seperti tersihir oleh cerita karya Blake Crouch ini. Gw menemukan berbagai macam bagian-bagian yang sungguh menarik dalam novel ini. Masalah bermula ketika Jason sang tokoh utama diculik seseorang pria bertopeng yang membawanya ke sebuah gedung bekas generator tua dan menyuntiknya hingga tidak sadarkan diri. Dan yang menariknya lagi ketika Jason bangun dari pingsannya, dunia yang ia tinggali sebelumnya seolah berubah. Misteri,aksi dan tentunya hal-hal gila bakal kalian temui dalam novel ini. Alur cerita yang membuat nafas gw seolah tertahan sementara ketika gw membaca secara perlahan dan mendalam. Gaya tulisan Blake Crouch sendiri adalah salah satu yang terbaik sejauh yang pernah gw baca dari beberapa novel yang lain.

    Penulis mengambil setting lokasi di daerah Chicago. Banyak teori-teori bermunculan,terutama teori-teori fisika yang bagi orang awam seperti gw cukup sulit untuk memahaminya. Hal itulah yang membuat gw terkesan bodoh untuk sekedar memahami isi teori yang dijelaskan dalam novel satu ini.

    Jika kalian membaca novel satu ini,bersiaplah memulai petualangan multisemesta yang sangat aneh dan mungkin bisa dibilang menakjubkan. Sebenarnya jika dirunut, novel ini memliki dasar cerita yang sangatlah sederhana. Namu kejeniusan penulis membuat plot serta mempermainkan pembaca dengan berbagai setting membuat novel ini menjadi luar biasa. 

    Semakin kalian membalik setiap halaman maka disitulah kalian menemukan yang namanya "penasaran", ya begitulah yang gw rasakan ketika membaca novel ini. Semakin jauh kalian membacanya maka cerita ini akan semakin menarik dan ada kesan tragis yang mendalam.

    Saran gw cobalah pahami tiap-tiap halaman ketika kalian membaca novel ini,karena kita sebagai pembaca dituntut untuk cerdas dalam memahami alur cerita yang kadang bolak-balik.

    Pada akhirnya jangan terkejut karena dalam cerita ini,inti semua masalah yang terjadi di dalam novel ini disebabkan oleh orang yang tidak diduga yang tentunya membuat gw gila sendiri membaca novel ini wkwk.

    Nah ini bagian terakhirnya, hal yang gw suka dari membaca novel adalah mencari amanat dalam cerita tersebut. Sesuatu pelajaran yang dapat dipetik dalam sebuah cerita tentunya menjadi nilai lebih bagi sebuah novel. Hikmah yang dapat gw petik dari novel ini cukup banyak. Mulai dari arti pentingnya sebuah keluarga, apa itu cinta, menghargai waktu, kebahagiaan sederhana pun akan sangat penting bagi kehidupan dibanding sesuatu pencapaian yang luar biasa jika kita tidak bahagia. Satu lagi pesan yang disampaikan novel ini yaitu hidupmu adalah pilihanmu.

    Jadi jika kalian ingin tahu bagaimana sih isi dari novel "Dark Matter" karya Blake Crouch,gw sarankan untuk segera membeli bukunya dan langsung baca aja deh. Karena cerita ini gw jamin bakal membuat kalian tersenyum polos di akhir halaman yang kalian baca.

    Oh ya, kabar baiknya cerita ini bakal diangkat ke layar lebar. Pihak SONY PICTURES sudah mendapat manuscript cerita ini dan kabarnya bakal disutradarai oleh Ronald Emmerich. FYI Ronald Emmerich sendiri adalah sutradara film fenomenal sekelas 2012, The Day After Tomorrow dan yang terbaru adalah film Independence day : Resurgance. Wah keren kan ni novel, patut ditunggu filmnya nih. So,jika sudah penasaran dengan novel ini buruan deh baca novelnya wkwk.



Sekian review kali ini,Sampai jumpa. see yaa :)

4 komentar:

  1. menurut gue, ini novel yg paling bikin gue pusing, baru halaman 129 rasanya udh pengen stop buat baca -_- btw, ini endingnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran gw,bacanya pelan-pelan.coz ni novel alurnya maju mundur. Jadi alangkah lebih baik bacanya perlahan untuk setiap halaman karena tiap halaman ceritanya bakal terhubung hingga akhir cerita. Kalau endingnya mungkin bakal bikin senyum heran wkwk :)

      Hapus

YANG MAU KOMEN,SILAHKAN DIISI SOBAT